Cara Mengatasi Error Pada Saat Submit Sitemap di Google Webmaster >>> Search Console


saya akan membuat tutorial untuk submit sitemap ke google webmaster tool karena submit sitemap ke webmaster adalah salahsatu tips SEO (search engine optimization) yang dianjurkan. Jika tidak submit sitemap ke webmaster maka blog/artikel anda susah untuk terindex google, istitilahnya sitemap adalah salah satu cara memperkenalkan blog/artikel kita pada google.

Banyak yang mengeluhkan tidak bisa submit sitemap ke google webmaster tool dan bing webmaster karena ada error berupa file html seperti ini.


Dari kalimat “your sitemap appears to be an html page. Please use a supported sitemap format instead” kita bias menyimpulkan bahwa erornya dari file html. Terus apa penyebabnya? Penyebabnya adalah url yang di masukkan '/p/sitemap.html' salah karena file nya berformat html.
Mari kita bahas cara submit sitemap pada google webmaster. Saya anggap saja anda sudah mempunyai dan sudah memasukkan alamat website anda sebelumnya pada google webmaster.
1. Buka google webmaster dan login

2. Lihat di sebelah kiri pada search console ada menu crawl. Klik crawl dan klik sitemaps
 3. Sekarang klik button add/test sitemap pada bagian kanan atas layar dan dan masukkan ‘feeds/posts/default?max-results=9999’ lalu submit link nya.

4. Dari mana kita mendapatkan kode itu? Dari html sitemap yang telah kita buat, biasanya setiap kode berbeda di  angka 9999 nya, maka dari itu silahkan cek html laman sitemap anda pada dashboard – sitemap dan klik html sitemap yang telah anda buat dan lihat kode anda seperti yang ditunjukan pada gambar dibawah ini.


 5. Setelah link di submit maka aka nada keterangan dibagian bawah bahwa link sudah tersubmit, jika masih pending maka tunggu 1-3 hari.

 6. Jika sudah complete maka akan tampil window ini





0 Response to "Cara Mengatasi Error Pada Saat Submit Sitemap di Google Webmaster >>> Search Console"

Posting Komentar